IOT

Penerapan IoT (Internet of Things) di Segala Aspek Kehidupan

Penerapan IoT (Internet of Things) di Segala Aspek Kehidupan – Sobat Techno, kita berada di era digital dimana separuh pekerjaan harian kita dapat dilakukan secara online atau menggunakan internet. Hal ini membuat kita tidak perlu tatap muka jika ingin melakukan atau mendapatkan sesuatu. Salah satu contohnya adalah pemanfaatan internet di segala aspek kehidupan untuk meningkatkan performa dan efektifitas pekerjaan kita.

Pernahkah anda mendengar istilah IoT ?

Internet of Things, atau IoT adalah sebuah ekosistem perangkat komputasi yang saling terkait yang dilengkapi dengan sensor atau identifikasi unik sehingga mampu berkomunikasi dan bertindak berdasarkan informasi yang didapatkan tanpa adanya campur tangan manusia (interaksi manusia).

Perangkat melakukan sebagian besar pekerjaan tanpa campur tangan manusia, meskipun manusia dapat berinteraksi dengan perangkat – misalnya, untuk mengaturnya, memberi mereka instruksi atau mengakses data.

Apa saja manfaat IoT ?

Internet of things menawarkan sejumlah manfaat bagi sebuah organisasi atau perusahaan yang memungkinkan mereka untuk:

  • Memantau keseluruhan proses bisnis mereka
  • Meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience)
  • Menghemat waktu dan uang
  • Meningkatkan produktivitas karyawan;
  • Mengintegrasikan dan mengadaptasi model bisnis
  • Membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan
  • Menghasilkan lebih banyak pendapatan.

IoT mendorong perusahaan untuk memikirkan kembali cara mereka mendekati bisnis, industri, pasar dan sebagai alat untuk meningkatkan strategi bisnis mereka.

Penerapan IoT bagi Konsumen dan Perusahaan

Ada banyak aplikasi atau penerapan IoT di dunia nyata. Mulai dari IoT konsumen dan IoT perusahaan hingga manufaktur dan IoT industri (IIoT). Aplikasi IoT menjangkau banyak vertikal, termasuk otomotif, telekomunikasi, energi dan banyak lagi. Namun saya hanya berikan enam contoh penerapan IoT pada umumnya.

1. Smart Home

Di segmen konsumen, misalnya, smart home  yang dilengkapi dengan termostat pintar, peralatan pintar dan pemanas, pencahayaan, dan perangkat elektronik yang terhubung dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui komputer, telepon pintar, atau perangkat seluler lainnya.

Tentunya harga rumah pintar ini lebih mahal dibandingkan rumah biasa pada umumnya.

Penerapan IOT Smart Home
Modern Smart Home
2. Smart Wearable Device

Perangkat yang dapat dipakai dengan sensor dan perangkat lunak dapat mengumpulkan dan menganalisis data pengguna, mengirim pesan ke teknologi lain tentang pengguna dengan tujuan membuat kehidupan pengguna lebih mudah dan lebih nyaman. Contohnya adalah smart watch (jam tangan), smart band (gelang).

Penerapan Smart Wearable Device
Smart Wearable Device
3. Smart Healthcare

Dalam layanan kesehatan, IoT menawarkan banyak manfaat, termasuk kemampuan untuk memantau pasien lebih dekat untuk menggunakan data yang dihasilkan dan menganalisisnya. Rumah sakit sering menggunakan sistem IoT untuk menyelesaikan tugas-tugas seperti manajemen inventaris, untuk farmasi dan instrumen medis.

Penerapan IOT Smart Health Care
Smart Health Care
4. Smart Building

Bangunan pintar dapat melakukan misalnya, mengurangi biaya energi menggunakan sensor yang mendeteksi berapa banyak penghuni di suatu ruangan. Suhu dapat menyesuaikan secara otomatis – misalnya, menyalakan AC jika sensor mendeteksi ruang konferensi penuh atau menurunkan panas jika semua orang di kantor pulang.

Penerapan IoT Smart Buildings
Smart Buildings
5. Smart Farming

Di bidang pertanian, sistem pertanian cerdas berbasis IoT dapat membantu memantau, misalnya, cahaya, suhu, kelembaban dan kelembaban tanah dari ladang tanaman menggunakan sensor yang terhubung. IoT juga berperan dalam mengotomatisasi sistem irigasi.

Penerapan IOT Smart Farming
Smart Farming
6. Smart City

Di kota yang cerdas, sensor dan penyebaran IoT, seperti lampu jalan pintar dan meter cerdas, dapat membantu mengurangi lalu lintas, menghemat energi, memantau dan mengatasi masalah lingkungan, dan meningkatkan sanitasi. Kota – kota besar kita seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya sedang menerapkan Smart City.

Penerapan IOT Smart City
Smart City

Itulah Penerapan IoT (Internet of Things) di Segala Aspek Kehidupan kita. Jadi, IoT telah mengubah model bisnis dan operasional pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel “Penerapan IoT (Internet of Things) di Segala Aspek Kehidupan” ini bermanfaat bagi para pengunjung. Jika Anda mempunyai contoh penerapan IoT yang lain dapat disampaikan pada kolom komentar di bawah.

One Reply to “Penerapan IoT (Internet of Things) di Segala Aspek Kehidupan”

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: