6 Manfaat Kecerdasan Buatan Dalam Kehidupan Manusia

6 Manfaat Kecerdasan Buatan Dalam Kehidupan Manusia  – Sobat Techno, Kecerdasan buatan atau kecerdasan artifisial merupakan kecerdasan yang ditambahkan dalam sebuah sistem atau mesin sehingga bisa merasakan, berpikir, berpikir, dan bertindak layaknya kecerdasan manusia.

Kemampuan yang diadopsi dari pola pemikiran manusia ini kian banyak ditumpahkan ke dalam mesin komputer untuk membantu pekerjaan individu atau instansi di kehidupan sehari-hari.

Melihat fungsinya yang seperti itu, tentu saja ada banyak sekali manfaat kecerdasan buatan dalam kehidupan manusia. Bahkan beberapa sektor industri sudah banyak memanfaatkan hal ini.

Definisi Kecerdasan Buatan Menurut Ahli

Menurut para ahli, kecerdasan buatan adalah ilmu yang mempelajari cara membuat komputer melakukan sesuatu sama seperti yang dilakukan manusia (Minsky, 1989).

Perangkat yang dibuat dalam basis kecerdasan buatan mampu menganalisa kalimat, angka, atau kata unntuk merepresentasikan obyek, proses dan hubungannya. Proses itulah yang nantinya dapat melengkapi data yang tidak komplit.

Di era modern ini, beberapa sektor industri telah memanfaatkan perangkat berbasis kecerdasan buatan. Seperti sektor industri games, finansial, hingga kesehatan.

Mengetahui Manfaat Kecerdasan Buatan Dalam Kehidupan Manusia

Sudah tahukan Anda bahwa ada banyak manfaat kecerdasan buatan yang selama ini sudah di implementasikan dalam berbagai bidang? Apa saja itu? yuk kita cari tahu.

1. Membantu Rekam Medis dan Perilaku Pasien

Perangkat rumah sakit yang berbasis kecerdasan buatan mampu mengolah catatan penyakit pasien. Dalam hal ini tentunya dapat memudahkan pelanggan suatu rumah sakit untuk melihat keterhubungan antara penyakit satu dan penyakit lainnya, dengan melihat gejala-gejala penyakit yang dirasakan pasien dalam kurun waktu tertentu.

Tak hanya mengolah manajemen data, National Institutes of Health menciptakan sebuah aplikasi AiCure untuk memantau penggunaan obat oleh pasien. Perangkat ini membantu pasien mengelola kondisi mereka terutama bagi yang sering menentang saran dokter dan memilliki kondisi medis yang serius.

2. Mencatat Perilaku Nasabah saat Belanja

Manfaat kecerdasan buatan yang kedua juga sudah diterapkan pada industri financial. Perusahaan finansial besar kelas dunia sepertti Mastercard, telah memanfaatkan perangkat yang disebut sebagai Decision Intelligence (DI).

Teknologi tersebut mampu mencatat pola belanja atau pengeluaran rutin seorang nasabah dalam waktu tertentu. Hal tersebut tentunya dilihat dari riwayat penggunaan kartu untuk membayar tagihan.

Dari data tersebut, staf yang bekerja bagi mastercard dapat meriset pola perilaku belanja nasabahnya dan memudahkan penawaran kredit perbankan kepada seseorang.

3. Menggiring Pengguna Game pada Tingkat Kemampuan Tertentu

Game kini telah berkembang menjadi sektor industri yang menjanjikan. Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi berbasis artifisial  pun muncul dalam beberapa produk mainan. Sebut saja perusahaan game bernama Netmarble yang membangun Netmarble AI Revolution Center (NARC).

Tujuan mereka membuat divisi tersebut adalah untuk menciptakan game yang mampu menstimulasi minat, memberitahukan taktik saat menghadapi rintangan, dan merekomendasikan permainan sesuai dengan level individu.

Permainan yang berbasis artifisial mampu memberikan elemen yang lebih menyenangkan bagi para pemain dengan latar kemampuan yang berbeda-beda, sesuai dengan kemampuan mereka.

4. Membantu Riset Pemasaran Digital

Manfaat kecerdasan buatan yang keempat adalah untuk membantu riset pada digital marketing. Perangkat riset pemasaran yang dilengkapi dengan artificial intelligence, mampu merekam jejak perilaku individu dalam rekam digital.

Hal tersebut dapat dilihat dari lokasi yang pernah dikunjunginya (check-in social media), riwayat belanja online, hingga selera seseorang ketika mengunjungi situs e-commerce.

Banyak perusahaan konsultasi pemasaran yang telah memanfaatkan perangkat tersebut untuk melihat arah panah PC, mencari tahu kata kunci yang sering dicari seseorang ketika mengunjungi website e-commerce, dan disimpan ke dalam database mereka.

Dari database itulah mereka dapat menyimpulkan pola perilaku belanja individu atau kelompok, tentang apa yang menjadi daya tarik seseorang untuk memutuskan pembelian.

5. Identifikasi Hama Jamur

Mungkin Anda selama ini tidak menyadari bahwa manfaat kecerdasan buatan juga bisa diterapkan pada sektor lain yang tidak ada hubungannya dengan internet, salah satunya pada sektor pertanian.

Startup asal Oakland, California, Ceres Imaging mampu menciptakan perangkat untuk mengidentifikasi masalah pertumbuhan jamur, kekurangan air pada tanaman jagung dan kedelai beberapa minggu sebelum gejala tersebut dilihat oleh petani.

Cara kerja perangkat ini dibantu oleh drone yang didukung dengan pencitaan termal. Pada tahap awal, drone diterbangkaan dan merekam gambar lahan jagung dari ketinggian.

Dari gambar drone inilah, teknologi termal yang canggih mampu mendeteksi radiasi inframerah – atau panas lahan. Dari suhu tersebut, dapat disimpulkan tinggi atau rendahnya kadar air di ladang jagung, sehingga petani dapat dengan mudaah mencegah gejala-gejala yang tidak diinginkan.

6. Pengelolaan data Museum

Pada abad ke-21, teknologi berbasis kecerdasan artifisial (AI) telah masuk ke ranah museum. Perangkat AI ini dilengkapi denan algoritma, pengenalan visual dengan menandai,  menyortir, dan menarik koneksi di dalam dan di antara data museum.

Cara ini memudahkan staff museum untuk meginput dan menemukan data sejarah benda-benda berharga atau peristiwa tertentu ke dalam sistem digital. Diharapkan catatan semacam ini tidak akan usang termakan zaman.

Itulah 6 manfaat kecerdasan buatan yang secara tidak langsung sudah kita rasakan dalam berbagai aspek kehidupan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pengunjung setia Sobat Techno.

Tinggalkan Balasan